KURIKULUM MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 1 KENDARI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kurikulum dikembangkan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. Sekolah/madrasah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut: (1) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, (3) era informasi, (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat satuan pendidikan (KTSP) jenjang Pendidikan dasar dan Menengah disusun oleh Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)
Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kendari sebagai satuan pendidikan dasar dilingkungan Departemen Agama perlu menyusun KTSP MTsN 1 Kendari yang mengacu pada Standar nasional Pendidikan. Acuan yang yang digunakan dalam penyusunan KTSP ini meliputi Stnadar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, dan panduan penyusunan KTSP dari Badan Standar Nasional Pendidikan. Penyusunan KTSP Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kendari dimaksudkan untuk menjamin menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.
Melalui KTSP Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kendari ini diharapkan pelaksanaan program-program pendidikan di Madrasah sesuai karakteristik potensi, dan kebutuhan peserta didik.
B. Tujuan Pengembangan KTSP
Kurikulum MTsN 1 Kendari disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di Madrasah. Selain itu, pengembangan KTSP, juga bertujuan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di Madrasah dan lingkungan sekitarnya.
Melalui penyusunan/pengembangan KTSP ini diharapkan MTsN 1 Kendari sebagai unit penyelenggara pendidikan dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut: (1) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antarsektor dan lintas sektor serta tempat, (3) era informasi, (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, (6) dan era perdagangan bebas.

C. Prinsip Pengembangan KTSP
Kurikulum MTsN 1 Kendari Kendari dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan siswa dan lingkungannya. Ini berarti bahwa siswa memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk itu pengembangan kompetensi siswa disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan siswa serta tuntutan lingkungan.
2. Beragam dan terpadu. Untuk itu Kurikulum MTsN 1 Kendari kembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik siswa, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan jender.
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Kurikulum MTsN 1 Kendari dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman belajar siswa untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan. Pengembangan kurikulum MTsN 1 Kendari yang memuat pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan berpikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan vokasional, dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk didalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha dan dunia kerja.
5. Menyeluruh dan berkesinambungan. Substansi kurikulum MTsN 1 Kendari mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antar semua jenjang pendidikan.
6. Belajar sepanjang hayat. Kurikulum MTsN 1 Kendari diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan siswa yang berlangsung sepanjang dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah. Kurikulum MTsN 1 Kendari dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan daerah yang harus saling mengisi dan memberdayakan untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
D. LANDASAN HUKUM
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintah daerah.
3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi.
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL).
6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi.
7. Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor : Dj.II.1/PP.00/Ed/681/2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi.
8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no. 6 Tahun 2007 tentang perubahan Peraturan mendiknas no. 24 tahun 2006
9. Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi Pendidikan Agama islam dan Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah.

E. Pengertian
1. Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
2. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP)
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
3. Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana pembelajaran pada suatu dan atau keleompok mata pelajaran yang merupakan bagian dari perencanaan proses pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, langkah pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
5. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah tingkat pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran. Penetapan KKM per kompetensi dasar (KD) mata pelajaran ini mempertimbangkan tingkat esensial, tingkat kerumitan dan kesulitan (kompleksitas) per KD untuk dicapai oleh siswa, tingkat kemampuan rata-rata (intake) siswa madrasah dalam mencapai KD dan ketersediaan sumber daya pendukung madrasah(tenaga dan sarana pendidikan).
BAB II
VISI, MISI, DAN
TUJUAN PENDIDIKAN MADRASAH

A. Visi Madrasah
”Beriman, Berakhlakul karimah, dan Berprestasi”

Dengan Indikator : Unggul dalam aktivitas keagamaan, nilai UN dan UM, perlombaan, dan kepedulian sosial.

B. Misi Madrasah
1. Mengembangkan kehidupan warga madrasah yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
2. Menyelenggarakan Pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik.
3. Menyelenggarakan evaluasi kegiatan dan kemajuan belajar siswa yang berkesinambungan.
4. Meningkatkan kerja sama dengan orang tua siswa, masyarakat dan instansi terkait dalam rangka pengawasan guna peningkatan program sekolah dan disiplin siswa.
5. Menyediakan sarana dan parasarana pendidikan yang bertaraf nasional.
6. Memanfaatkan sarana pendukung berupa Laboratorium Komputer, Bahasa, IPA, dan Keterampilan secara maksimal dengan bimbingan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional.
7. Meningkatkan kualitas dan kuantitas output untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah-sekolah favorit.
8. Melatih dan membimbing siswa dalam menjalankan ajaran Islam antara lain melalui praktek Ibadah Shalat Dzuhur berjamaah dilingkungan Madrasah.
9. Menyelenggarakan tata kelola madrasah yang efekrif, efesien, transparan, dan akuntabel.


C. Tujuan Madrasah

1. Umum

Sesuai dengan tujuan pendidikan dasar sebagaimana yang dirumuskan dalam Sistem Pendidikan Nasional yaitu : meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

2. Khusus

Dalam pencapaian tujuan umum tersebut dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan yaitu:
1). Jangka Pendek ( 1-3 tahun )
a. Siswa dibiasakan dengan kegiatan yang bernuansa keagamaan berdoa bersama pada saat permulaan dan penutupan pembelajaran di kelas.
b. Siswa bebas dari buta baca tulis Al-Qur’an dengan persentase sebesar 95%
c. Terciptanya pembelajaran yang efektif, efesien, dan menyenangkan melalui pendekatan pembelajaran kontekstual.
d. Prestasi akademik tahun pelajaran 2009/2010 meningkat
e. Menjalin kerjasama dengan instansi/lembaga terkait, masyarakat dan dunia usaha dalam rangka pengembangan program pendidikan.
f. Memiliki tim Gugus Depan (Gudep) pramuka dan masuk nominasi tingkat kota.
g. Memiliki tim Palang Merah Remaja (PMR) dan masuk nominasi tingkat Kota.
h. Memiliki Tim Marching Band dan masuk nominasi tingkat Kota.

2). Jangka menengah ( 4-5 tahun )

a. Siswa bebas dari buta baca tulis Al-Qur’an dengan presentase pencapaian 98 %.
b. Tercapainya Nilai Ujian Nasional dan Ujian Madrasah pada mata pelajaran sesuai yang ditetapkan oleh BSNP.
c. KTSP terlaksana sesuai dengan program perencanaan
d. Masuk tim vavorit kegiatan kepramukaan tingkat Propinsi
e. Masuk tim vavorit kepalangmerahan tingkat Propinsi.
f. Masuk tim vavorit Marching Band tingkat Propinsi.
g. Terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif, bersih, indah dan rindang.
h. Terlibatnya seluruh komponen sekolah secara aktif dalam pengelolaan sekolah.
i. Menjadi Madrasah bertaraf Internasional (MBI) pada tahun 2010

3). Jangka Panjang ( 6-10 tahun )

a. Siswa bebas dari buta baca tulis Al-Qur’an dengan presentase mencapai 100%.
b. Masuk tim vavorit kegiatan kepramukaan tingkat Propinsi/Nasional
c. Masuk tim vavorit kepalangmerahan tingkat Propinsi/Nasional.
d. Masuk tim vavorit Marhing Band tingkat Propinsi/Nasional.
d. Mewujudkan 5 keunggulan sebagai berikut :
1. Unggul dalam kegiatan keagamaan dan kepedulian sekolah.
2. Unggul dalam perolehan Nilai Ujian Nasional dan Ujian Madrasah
3. Unggul dalam persaingan masuk ke jenjang SMA Favorit.
4. Unggul dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama bidang Sains, Matematika dan bahasa Inggris.
5. Unggul dalam lomba : olah raga, kesenian, PMR, dan Pramuka.
Tujuan madrasah tersebut secara bertahap akan dimonitoring, dievaluasi, dan dikendalikan setiap kurun waktu tertentu, untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Madrasah adalah sebagai berikut:
1. Meyakini, memahami, dan menjalankan ajaran agama Islam.
2. Memahami dan menjalankan hak dan kewajiban untuk berkarya dan memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
3. Berpikir secara logis, kritis, kreatif, inovatif dalam memecahkan masalah, serta berkomunikasi melalui berbagai media.
4. Menyenangi dan menghargai seni.
5. Menjalankan pola hidup bersih, bugar, dan sehat.
6. Berpartisipasi dalam kehidupan sebagai cerminan rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah air.
Selanjutnya, atas keputusan bersama guru dan siswa, SKL tersebut lebih rinci sebagai profil siswa MTsN 1 Kendari sebagai berikut:
1. Mampu menampilkan kebiasaan sopan santun dan berbudi pekerti sebagai cerminan akhlak mulia dan iman taqwa.
2. Mengembangkan potensi akdemik, minat, dan bakat siswa melalui layanan bimbingan dan konseling serta kegiatan ekstrakurikuler.
3. Membiasakan prilaku islami di lingkungan Madrasah dan masyarakat
4. Mampu berbahasa Inggris dengan baik.
5. Mampu berbahasa Arab dengan baik.
6. Mampu mengaktualisasikan diri dalam berbagai seni dan olah raga, sesuai pilihannya.
7. Mampu mengoperasikan komputer untuk program microsoft word dan exsel.
8. Mampu melanjutkan ke MA/SMA/SMK terbaik sesuai pilihannya melalui pencapaian target pilihan yang ditentukan sendiri.
9. Mampu bersaing dalam mengikuti berbagai kompetisi akademik dan non akademik di tingkat kecamatan, kota, propinsi, dan nasional.

BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KENDARI

A. Struktur Kurikulum
Struktur Kurikulum MTsN 1 Kendari didasarkan ”Surat Edaran Ditjen Pendidikan Islam Nomor : DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 tentang pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas VII sampai dengan Kelas IX, seperti pada tabel berikut :

Komponen Kelas dan Alokasi Waktu
VII VIII IX
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama Islam :
a. Qur’an - Hadits 2 2 2
b. Akidah dan Akhlak 2 2 2
c. Fikih 2 2 2
d. SKI 2 2 2
2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4 4
4. Bahasa Inggris 4 4 4
5. Bahasa Arab 2 2 2
6. Matematika 4 4 4
7. Ilmu Pengetahuan Alam 4 4 4
8. Ilmu Pengetahuan Sosial 4 4 4
9. Seni Budaya 2 2 2
10. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2
11.1. Teknologi Informasi dan Komunikasi.
2. Keterampilan 2
- 2
- 2
-
B. Muatan Lokal
- Baca Tulis Al-Qur’an 2 2 2
C. Pengembangan Diri 2*) 2*) 2*)
Jumlah 40 40 40
2*) ekuivalen 2 jam pembelajaran
Keterangan :
o Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit
o Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 40-42 minggu.
B. Muatan Kurikulum
1. Komponen Mata Pelajaran
Mata pelajaran wajib: Pendidikan Agama (Quran-Hadits,fiqih,SKI,Akidah-Akhlak), PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika, IPA, IPS, Pend. Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni Budaya dan TIK/Keterampilan.
2. Muatan Lokal
Ada pun muatan lokal yang diajarkan di MTsN 1 Kendari yaitu sesuai ciri khas Madrasah yaitu Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ).
3. Kegiatan Pengembangan Diri

Dalam rangka memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap siswa dengan mempertimbangkan potensi dan sumber daya yang tersedia di Madrasah, maka di MTs Negeri 1 Kendari dilaksanakan Kegiatan Pengembangan Diri secara terprogram selama 1 Tahun Pelajaran.
Kegiatan Pengembangan Diri yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Kendari meliputi 3 aspek yaitu : Aspek Pengembangan Ilmu dan Pembinaan Mental Spiritual, Aspek Kesamaptaan dan Bimbingan Belajar (Konseling).
Pada Kelas VII dan VIII, pengembangan diri siswa diarahkan pada pengembangan Ilmu dan pembinaan mental spiritual serta kesamaptaan.
1. Untuk pengembangan Ilmu dan Pembinaan mental spiritual dilaksanakan melalui kegiatan:
a. Pembinaan Tim Olympiade Matematika, Fisika dan Bilogi MTsN 1 Kendari.
b. Pembinaan Perlombaan Prestasi seperti : Lomba seni, Lomba Bidang Studi Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan lain-lain.
c. Perayaan hari-hari besar keagamaan.
d. Pembinaan keagamaan seperti: Bimbingan membaca Al-Qur’an, Tadarus, Pengajian, dan buka puasa bersama pada bulan ramadhan.
2. Untuk Pembinaan kesamaptaan untuk seluruh siswa diatur secara terencana, terprogram, dan berkesinambungan.
Pembinaan kesamaptaan di MTsN 1Kendari dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
a. Pramuka (latihan rutinitas setiap hari Sabtu Sore).
b. Palang Merah Remaja (PMR), latihan sesuai jadwal yang ditentukan oleh Pembina PMR.
c. Kesenian/Mercin Band MTsN 1 Kendari, latihan sesuai jadwal yang ditentukan oleh Pembina dan Pelatih.
d. Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS).
e. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) MTsN 1 Kendari.

Bagi siswa kelas IX yang sedang mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Madrasah dipandang perlu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada bimbingan belajar dan bimbingan karier. Bimbingan Belajar bagi siswa diarahkan agar siswa memiliki pengetahuan tentang cara-cara belajar yang baik, pengayaan mata pelajaraan Ujian Nasional, serta memiliki kesiapan mental dalam menghadapi Ujian Nasional. Sedangkan kegiatan bimbingan karir diarahkan agar siswa memiliki pengetahuan dalam memilih sekolah/jurusan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya untuk melanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi ketika mereka lulus/tamat dari Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kendari.

4. Pengaturan Beban Belajar
Mempertimbangkan ketersediaan sumber daya, potensi dan sarana prasarana di MTs Negeri 1 Kendari, maka Madrasah menetapkan beban belajar dengan Sistem Paket. Dengan sistem ini maka jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana yang tertuang dalam struktur kurikulum.
Lama belajar untuk setiap jam tatap muka adalah 40 menit.
Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur untuk setiap mata pelajaran ditetapkan sebesar 25 % dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.
Kegiatan praktek, alokasi waktunya diatur sebagai berikut:
a. Kegiatan praktek di sekolah: 2 Jam kegiatan praktek setara dengan 2 jam tatap muka.
b. Kegiatan praktek di luar sekolah: 4 jam kegiatan praktek setara dengan 2 jam tatap muka
Alokasi kegiatan proses pembelajaran adalah 40 Jam /Minggu.
Untuk kegiatan proses pembelajaran diatur sebagai berikut:
Hari senin karena ada Upacara, maka Jam masuk pembelajaran dimulai Jam: 07.30, istirahat : 10.20–10.40, dan Jam Pulang: 12.00.
Hari Selasa dan Rabu, Jam masuk: 07.10, Istirahat : 10.00–10.20. Sedangkan Jam Pulang: 13.00.
Hari Kamis karena ada senam maka Jam masuk Pembelajaran: 07.30, dan istirahat Jam 10.20-10.40, sedangkan Jam Pulang: 12.00
Hari Jumat masuk pembelajaran Jam: 07.00, istirahat Jam: 09.50–10.05. selesai Pembelajaran Jam: 11.25 karena ada pelaksanaan Shalat Jum’at di sekolah.
Hari Sabtu karena ada kegiatan pertamanan maka Jam I Masuk pembelajaran : 07.30, istirahat Jam: 10.20-10.40, dan untuk jam Pulang: 12.00 dan setiap harinya pada Jam I selalu diawali dengan tadarus Al-Qur’an selama 5 – 10 menit dan khusus pada hari Jum’at adalah Yasiinan.
Sedangkan untuk pelaksanaan Shalat Dhuhur dapat dijadwalkan secara terprogram secara bergiliran begitu juga pelaksanaan sholat Jum’at.
5. Ketuntasan Belajar

No. Sekolah /Mata Pelajaran KELAS/KRITERIA KETUTASAN BELAJAR MINIMAL(KKBM)
VII VIII IX
A. Sekolah 60 63 65
B. Mata Pelajaran
1 Pendidikan Agama Islam :
a. Qur’an - Hadits 65 68 70
b. Akidah dan Akhlak 65 68 70
c. Fikih 65 68 70
d. SKI 65 68 70
2 Pendidikan Kewarganegaraan 65 68 70
3 Bahasa Indonesia 62 65 70
4 Bahasa Inggris 60 63 67
5 Bahasa Arab 62 65 70
6 Matematika 60 62 65
7 IPA 60 63 65
8 IPS 62 63 65
9 Seni Budaya 65 68 70
10 Pendididkan Jasmani dan Olah raga kesehatan 65 68 71
11 Teknologi Informatika Komunikasi/Keterampilan 62 64 65
C. Muatan Lokal : BTQ 65 68 70
D. Pengembangan Diri Baik Baik Baik


6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a. Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun Pelajaran. Kriteria kenaikan kelas siswa MTsN 1 Kendari setelah memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1) Berakhlakul karimah
2) Kenaikan kelas dipertimbangkan berdasarkan Nilai Rapor Semester Genap
dan kelengkapan nilai rapor Semester Ganjil. (NR = 3T + 4 H + 3 S/10).
3) Bebas buta baca tulis Al-Qur’an.
4) Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
5) Jumlah mata pelajaran yang tidak tuntas paling banyak 2 (dua) mata pelajaran.
6) Kehadiran di kelas mencapai minimal 85 % (Absen Kelas).
7) Kenaikan kelas dikukuhkan oleh Kepala Madrasah setelah mempertimbangkan Poin (1) sampai Poin (6) di atas
b. Kelulusan
Dengan mengacu kepada ketentuan PP. 19/2005 Pasal 72 Ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus setelah memenuhi persyaratan berikut, yaitu:
1) Berakhlakul karimah
2) Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
3) Mempunyai Nilai Rapor Semester I kelas VII s.d. Semester I Kelas IX secara lengkap (Kep.BSNP.No. 1060/BSNP/II/2008 tentang POS Ujian SMP/MTs)
4) Telah mengikuti Ujian sekolah dan Ujian Nasional mata pelajaran yang diujikan dengan nilai lebih besar yang ditentukan dari BSNP/Pemerintah untuk setiap mata pelajaran yang diujikan secara nasional.
5) Kelulusan dikukuhkan oleh Kepala Madrasah setelah mempertimbangkan Poin (1) sampai Poin (3) di atas.

7. Pendidikan Kecakapan Hidup
Pendidikan kecakapan hidup yang dilaksanakan oleh MTsN 1 Kendari mengacu pada keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan. Dengan demikian pengembangan pendidikan kecakapan hidup bertujuan untuk menghasilkan lulusan yan relevan dengan kebutuhan pengembangan daerah dan lingkungan.
Pendidikan kecakapan hidup mencakup :
d. Kecakapan pribadi (personal)
e. Kecakapan sosial
f. Kecakapan akademik
g. Kecakapan vokasional
Pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup berupa kecakapan pribadi (personal), kecakapan sosial, dan kecakapan akademik terintegrasi ke dalam semua mata pelajaran dan muatan lokal. Kecakapan hidup yang harus dimiliki dan dikuasai siswa dirumuskan dalam indikator dan dijabarkan dalam tujuan pembelajaran pada semua mata pelajaran dan muatan lokal.
Kecakapan vokasional yang diharapkan dapat dikuasai siswa berupa keterampilan melalui mata pelajaran Keterampilan/TIK. Kecakapan vokasional lainnya yang dapat dikuasai siswa melalui program pengembangan diri yaitu pramuka, PMR, dan Marching Band berupa keterampilan-keterampilan dalam kepramukaan, kePMRan, dan Marching Band

8. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
a. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal
Kurikulum sekolah memuat pendidikan berbasis keunggulan lokal. Pendidikan berbasis keunggulan lokal ini dilaksanakan dengan memanfaatkan sarana dan potensi yang ada di MTsN 1 Kendari. Pelaksanaannya tertuang dalam muatan lokal yaitu pengembanghan Baca Tulis Al-Qur’an bagi siswa. Melalui pengembanghan Baca Tulis Al-Qur’an ini diharapkan siswa yang tamat sudah dapat membaca Al-Qur’an dengan baik
b. Pendidikan Berbasis Keunggulan Global
Kurikulum sekolah disusun berbasis keunggulan global. Pendidikan berbasis keunggulan global diintegrasikan ke dalam mata pelajaran. Mata pelajaran yang memuat keunggulan global yaitu melalui mata pelajaran Bahasa Inggris yang diharapkan siswa mampu berkomunikasi Bahasa Inggris dengan baik.




BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Untuk Kalender Pendidikan di MTsN 1 Kendari disesuaikan dengan kalender Pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Nasional Kota Kendari Tahun Pelajaran 2009/2010 serta Juknis Kalender Pendidikan yang dikeluarkan Departemen Agama. Dengan rincian sebagai beriktut :
Catatan : Minggu efektif dalam Permendiknas 34-38 Minggu per tahun.






























A. Semester Ganjil


BAB V
PENUTUP

Pengembangan Kurikulum MTsN 1 Kendari yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan, komite sekolah, dan stakeholder lainnya dengan berpedoman pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), diharapkan dapat menjadi salah satu pedoman dan acuan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah ini pada semua tingkatan kelas mulai tahun pelajaran 2009/2010.
Kurikulum MTsN 1 Kendari memberikan peluang sekolah untuk dapat mengembangkan diri dengan segenap daya dan potensi yang dimiliki. Besar harapan kami, semoga Kurikulum MTsN 1 Kendari ini memenuhi syarat sehingga Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) dapat terlaksana dengan baik. Demikian juga dalam pelaksanaan Kurikulum MTsN 1 Kendari yang didukung oleh Visi, Misi dan Tujuan Sekolah yang operasional dan terukur dapat meningkatkan mutu lulusan. Kami juga sangat mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, khususnya kepada guru, tata usaha maupun para siswa serta komite Madrasah. Atas bantuan yang sudah diberikan kepada kami dari berbagai pihak, kami mengucapkan banyak terima kasih. Semoga Kurikulum MTsN 1 Kendari ini mampu menjadi sarana bagi madrasah dalam mencerdaskan bangsa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.







B.Semester Genap
2010 JANUARI Minggu ke- 1 2 3 4 TANGGAL URAIAN KEGIATAN
Minggu 3 10 17 24/31 1 Libur Tahun Baru Masehi
Senin 4 11 18 25 2 Libur Akhir Semester Ganjil
Selasa 5 12 19 26 3 HAB DEPAG
Rabu 6 13 20 27 4 Hari Pertama Semester Genap
Kamis 7 14 21 28 14 TAHUN BARU IMLEK 2561
Jumat 1 8 15 22 29
Sabtu 2 9 16 23 30
PEBRUARI Minggu ke- 5 6 7 8 TANGGAL URAIAN KEGIATAN
Minggu 7 14 21 28
Senin 1 8 15 22 27 Libur Nyepi
Selasa 2 9 16 23
Rabu 3 10 17 24
Kamis 4 11 18 25
Jumat 5 12 19 26
Sabtu 6 13 20 27
MARET Minggu ke- 9 10 11 TANGGAL URAIAN KEGIATAN
Minggu 7 7 14 21 6 Maulud Nabi Muhammad SAW,
Senin 1 8 8 15 22 9 Waisak
Selasa 2 2 9 16 23 10-16 Pelaksanaan UH
Rabu 3 3 10 17 30-31 Ujicoba UN - I
Kamis 4 4 11 18
Jumat 5 5 12 19
Sabtu 6 6 13 20
APRIL Minggu ke- 12 13 14 TANGGAL URAIAN KEGIATAN
Minggu 5 12 19 26
Senin 6 13 20 27 1-2 Ujicoba UN - I
Selasa 7 14 21 28
Rabu 1 8 15 22 29 15 Wafatnya Isa Almasih,
Kamis 2 9 16 23 30 16-22 Pelaksanaan Ujian Praktek
Jumat 3 10 17 24 27-30 PERKIRAAN PELAKSANAAN UN UTAMA
Sabtu 4 11 18 25
MEI Minggu ke- 15 16 17 TANGGAL URAIAN KEGIATAN
Minggu 3 10 17 24/31
Senin 4 11 18 25 2 Hari Pendidikan Nasional
Selasa 5 12 19 26 9 Kenaikan Isa Almasih
Rabu 6 13 20 27 4-7 Perkiraan Ujian Sekolah Susulan
Kamis 7 14 21 28 25-29 PERKIRAAN PELAKSANAAN US
Jumat 1 8 15 22 29
Sabtu 2 9 16 23 30
JUNI Minggu ke- 18 19 TANGGAL URAIAN KEGIATAN
Minggu 7 14 21 28
Senin 1 8 15 22 29
Selasa 2 9 16 23 30 15-20 UJIAN KENAIKAN KELAS VII dan VIII
Rabu 3 10 17 24 27 Pengumuman Kelulusan
Kamis 4 11 18 25 27 Pembagian Rapor Kenaikan Kelas VII dan VIII
Jumat 5 12 19 26 29-30 Libur Semester Genap TP 2006/2007
Sabtu 6 13 20 27
JULI Minggu ke- TANGGAL URAIAN KEGIATAN
Minggu 5 12 19 26 1 - 11 Libur Semester Genap TP 2006/2007
Senin 6 13 20 27 13 Hari Pertama Masuk Sekolah
Selasa 7 14 21 28 13 - 15 MOS Kelas VII
Rabu 1 8 15 22 29
Kamis 2 9 16 23 30
Jumat 3 10 17 24 31
Sabtu 4 11 18 25


















A. SEMESTER GANJIL
2009 JULI Minggu ke- 1 2 TANGGAL URAIAN KEGIATAN
Minggu 5 12 19 26 1-2 LIBUR SEMESTER GENAP TP. 2008/2009
Senin 6 13 20 27
Selasa 7 14 21 28 13 Hari Pertama Masuk Sekolah
Rabu 1 8 15 22 29 14 s.d. 16 MOS dan Bridging Course ( Matrikulasi ) Kelas VII
Kamis 2 9 16 23 30 20 Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW (27 Rajab 1430)
Jumat 3 10 17 24 31
Sabtu 4 11 18 25

AGUSTUS Minggu ke- 3 4 5 TANGGAL URAIAN KEGIATAN
Minggu 2 9 16 23/30
Senin 3 10 17 24/31
Selasa 4 11 18 25 17 Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-62
Rabu 5 12 19 26 20-31 LIBUR AWAL DAN LIBUR RAMADHAN
Kamis 6 13 20 27
Jumat 7 14 21 28
Sabtu 1 8 15 22 29

SEPTEMBER Minggu ke- TANGGAL URAIAN KEGIATAN
Minggu 6 13 20 27
Senin 7 14 21 28
Selasa 1 8 15 22 29
Rabu 2 9 16 23 30
Kamis 3 10 17 24 1-30 Libur Ramadhan dan Sesudah Ramadhan1429 H
Jumat 4 11 18 25
Sabtu 5 12 19 26

OKTOBER Minggu ke- 6 7 8 TANGGAL URAIAN KEGIATAN
Minggu 4 11 18 25
Senin 5 12 19 26
Selasa 6 13 20 27 3 HALAL BI HALAL
Rabu 7 14 21 28
Kamis 1 8 15 22 29
Jumat 2 9 16 23 30
Sabtu 3 10 17 24 31

NOVEMBER Minggu ke- 9 10 11 12 TANGGAL URAIAN KEGIATAN
Minggu 1 8 15 22 29
Senin 2 9 16 23 30 27 HARI RAYA IDUL ADHA
Selasa 3 10 17 24
Rabu 4 11 18 25 30 AWAL SEMESTER GANJIL
Kamis 5 12 19 26
Jumat 6 13 20 27
Sabtu 7 14 21 28

DESEMBER Minggu ke- TANGGAL URAIAN KEGIATAN
Minggu 6 13 20 27 1-7 ULANGAN SEMESTER GANJIL
Senin 7 14 21 28 18 Tahun baru Hijriah
Selasa 1 8 15 22 29 10-17 Pelaksanaan PORSENI
Rabu 2 9 16 23 30 23 Pembagian Rapor
Kamis 3 10 17 24 31 25 Libur Hari Natal
Jumat 4 11 18 25 24-31 Libur Akhir Semester Ganjil
Sabtu 5 12 19 26